PEMIMPIN


Tiap orang pasti ingin menjadi pemimpin, karena pemimpin itu sendiri selalu mendapat konotasi positif. Apalagi jika dalam sebuah lomba menjadi pemimpin akan menjadi sorotan bagi peserta lainnya. Seperti halnya dalam sebuah Pemilihan kepala daerah, maupun pemimpin kepala Negara. disini saya ingin mengutarakan pendapat atau penyambung lidah dari sebagian masyarakat. diantaranya sebagai berikut :

Harus memiliki tujuan
Seorang pemimpin yang baik, harus memiliki tujuan dan beberapa pandangan apa yang ingin dilakukannya kedepannya. Karena dengan begitu semua kendali tergantung dari pimpinan, karena anggota akan mengikuti sesuai tujuan dari pemimpin tersebut yang tentunya tujuannya berguna bagi anggotanya.

Memiliki karakter yang kuat
Karakter yang kuat perlu dimiliki bagi seorang pemimpin. Karena dengan begitu pemimpin akan bisa mempengaruhi anggotanya dengan baik. Dalam artian yang bertujuan baik bagi semuanya. Jadi saat tujuan-tujuan tersebut dijalankan, walaupun resiko yang diambil sangat besar pemimpin dapat mengarahkan anggotanya untuk bertindak apa yang harus dilakukan. Bukan mudah terpengaruh dengan hal-hal lain.

Sigap dan selalu fokus
Menjadi seorang pemimpin haruslah bersikap Sigap dan selalu fokus dalam tiap permasalahan yang timbul. Pemimpin harus peka dalam masalah-masalah yang terjadi. Sehingga masalah yang ada tidak berlarut dalam menyelesaikannya. Dan tentunya dalam tiap masalah harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam kondisi apapun.

Dengarkan
Menjadi pendengar yang baik bagi Masyarakat merupakan hal yang perlu dimiliki bagi seorang pemimpin. Karena dengan begitu tiap anggota masyarakat akan merasa lebih dihargai dan merasa berkontribusi bagi para Masyarakat Pemimpin yang mau menerima keluhan dari masyarakat yang tidak  bertindak dengan semaunya. 

Turun ke masyarakat
menjadi pemimpin haruslah bersikap mau bertindak  terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan yang mau turun kelapangan yang wajib tau penderitaan masyarakat, sehingga masyarakat dengan senang hati menerima pemimpin.

Harus Siap
seorang pemimpin harus siap bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin terhadap masyarakat, dan berani mengakui  kelemahan dan kekurangan diri seorang pemimpin. Kelebihan dan kekurangan merupakan sebuah evaluasi yang baik dalam sebuah pemimpin , karena dengan begitu semua permasalahan bisa cepat terlihat. Sehingga potensi-potensi yang ada bisa dikembangkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tim tersebut. Namun ada hal yang tidak kalah penting yaitu jika seorang pemimpin melakukan kesalahan, hendaknya mau mengakui karena memang hal ini merupakan sikap berjiwa besar dan ini akan berdampak baik bagi anggotanya, karena pemimpin merupakan contoh.

Rendah hati
Banyak pemimpin yang kurang rendah hati pada para anggotanya namun hanya yang mampu berbaur dan rendah hati lah yang bisa Menjadi Pemimpin Yang Baik, karena dengan begitu hubungan akan lebih baik sehingga bisa memperlancar kerjasama antar pemimpin dan anggotanya.

  
itulah pendapat saya diatas merupakan langkah yang baik menurut saya, atau sebagian masyarakat namun semua tetap kembali ke individu masing-masing. Karena praktek tidak semudah dari apa yang kita praktekkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

lingkungan